Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh platform JF Japanese e-learning Minato terhadap pembelajaran bahasa Jepang di SMK Negeri 1 Baso, berdasarkan studi literatur dari jurnal terpercaya dan buku relevan. SMK N 1 Baso, sebagai sekolah kejuruan menerapkan pembelajaran bahasa Jepang sebagai mata pelajaran pilihan bagi siswanya untuk mendukung peningkatan ketrampilan bahasa sebagai penunjang kesiapan tenaga kerja dan program pemagangan ke Jepang. Melalui tinjauan literatur, ditemukan bahwa Minato efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa dasar seperti hiragana dan katakana, serta mendukung pembelajaran mandiri di konteks vokasi. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi siswa dan kesiapan kerja, meskipun tantangan seperti akses internet tetap ada. Kesimpulan merekomendasikan integrasie learning Minato dengan kurikulum vokasi untuk optimalisasi hasil belajar dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.
Copyrights © 2025