Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan Google Sheets dalam meningkatkan kemampuan statistika dan numerasi siswa SMP Alfalah. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sebanyak 50 siswa kelas VIII dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL dengan Google Sheets) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), observasi, angket respon siswa, dan penilaian proyek. Data kuantitatif dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mencapai nilai N-Gain sebesar 0,68 (68%) yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol sebesar 0,35 (35%), dengan nilai signifikansi 0,000 (p 0,05). Observasi dan angket respon siswa menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran yang sangat baik (rata-rata skor 3,7), minat belajar yang tinggi (92%), dan kemudahan dalam pengolahan data menggunakan Google Sheets (92%). Penilaian proyek juga menunjukkan kemampuan siswa dalam mengolah data, menyajikan grafik, dan menarik kesimpulan dengan kategori "Baik" (rata-rata skor 3,4). Implementasi model PjBL berbantuan Google Sheets efektif dalam meningkatkan kemampuan statistika dan numerasi, serta mengembangkan minat belajar dan keterampilan abad ke-21 (4C) siswa. Model ini dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika yang kontekstual dan relevan dengan era digital
Copyrights © 2025