Jurnal Komprehenshif
Vol 3 No 2 (2025)

Studi Kasus Negara Berkembang (Indonesia dan India)

Meiliani, Dinda (Unknown)
Maharani, Sabila (Unknown)
Indriani, Tarisya (Unknown)
Fauzi, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia dan India memiliki tujuan yang sama, yaitu membentuk sumber daya manusia yang berilmu, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan zaman. Di Indonesia, jenjang pendidikan terdiri atas prasekolah, dasar, menengah, dan tinggi, dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang menekankan karakter dan kompetensi. Sementara di India, pendidikan dibagi dalam sistem 5-3-2 tahun di bawah pengawasan NCERT, dengan fokus pada keterampilan dan kemandirian peserta didik. Kedua negara menghadapi tantangan seperti ketimpangan fasilitas, kualitas tenaga pendidik, serta kesenjangan akses pendidikan. Meski demikian, Indonesia dan India terus berupaya memperbaiki mutu pendidikan melalui pembaruan kurikulum, peningkatan kualitas guru, dan pemanfaatan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komprehensif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Komprehensif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...