Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IX MTs YPI Delitua

Choiriah, Rara (Unknown)
Akhir , Muhammad (Unknown)
Siagian, Zainidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IX MTs YPI Delitua. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran seperti penyembelihan hewan, qurban, dan aqiqah serta berdampak positif pada keterampilan sosial siswa, termasuk kemampuan komunikasi, kerja sama, empati, pengendalian diri, pemecahan masalah, tanggung jawab, dan kepemimpinan. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu dan fasilitas, namun secara keseluruhan model ini efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial dan pemahaman materi secara komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...