Jurnal AlphaEuclidEdu
Vol 5, No 2 (2024): Volume 5 Number 2 Desember 2024

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Mardiani, Mardiani (Unknown)
Sugiatno, Sugiatno (Unknown)
Fitriawan, Dona (Unknown)
Yani T, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 1 Sungai Kakap pada materi teori Pythagoras dengan menggunakan strategi visual, simbolik, dan verbal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, laporan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes, kemampuan representasi siswa perlu ditingkatkan dengan ambang batas 43% untuk kategori rendah. Kemampuan representasi visual siswa hanya 36%, sedangkan representasi verbal dan simboliknya jauh lebih tinggi, masing-masing sebesar 42% dan 50%. Mampu menjawab pertanyaan dengan jujur, tetapi terkadang mengalami kesulitan dalam mengenali dan memadukan representasi verbal, simbolik, dan visual. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pemahaman teorema Pythagoras, perlu dilakukan peningkatan pemahaman dan komunikasi berbagai representasi matematika. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman dan penerjemahan antar berbagai bentuk representasi matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep teorema Pythagoras.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AlphaEuclidEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AlphaEuclidEdu adalah Jurnal Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura yang mencakup bidang keilmuan matematika dan pendidikan matematika dengan rincian: 1) Belajar dan Pembelajaran Matematika, 2) Media dan Sumber Belajar Matematika, 3) Kurikulum Matematika, 4) Evaluasi ...