Transformasi digital menjadi tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam, termasuk pondok pesantren, dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah arus modernisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teknologi informasi dalam sistem pendidikan dan manajemen Pondok Pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan, serta menelaah tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren telah berhasil menerapkan digitalisasi melalui penyediaan laboratorium komputer, pelatihan literasi digital bagi santri, dan pembentukan tim “media santri” yang mengelola publikasi pesantren di media sosial. Implementasi tersebut memberikan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran, peningkatan keterampilan digital santri, serta penguatan manajemen pesantren. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya integrasi teknologi informasi yang berbasis nilai-nilai keislaman agar pesantren dapat menjadi model pendidikan Islam adaptif di era Society 5.0.
Copyrights © 2025