Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 03 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

TELAAH HADIS AL-IFK SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN BERKEADILAN GENDER

Rochimah, Rochimah (Unknown)
Frank, Ahmad (Unknown)
Yusuf, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hadis al-ifk sebagai landasan konseptual bagi pengembangan pendidikan Islam yang berkeadilan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika kritis-gender ala Fatima Mernissi, yang berupaya menafsirkan teks keagamaan tidak hanya dari aspek literal, tetapi juga melalui konteks sosial, politik, dan budaya yang melahirkannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa hadis al-ifk memiliki kehujjahan kuat baik dari sisi sanad maupun matan. Teks hadis ini secara eksplisit mengandung pesan moral tentang kehati-hatian dalam menerima berita dan larangan melakukan fitnah, yang sejalan dengan prinsip keadilan universal Islam. Melalui pendekatan hermeneutika gender, hadis al-ifk tidak lagi dipahami sekadar sebagai narasi pembelaan terhadap Aisyah, tetapi sebagai simbol pembebasan perempuan dari bias patriarkal yang menindas. Secara teoretis, kajian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam perlu dibangun atas dasar nilai-nilai kesetaraan dan keadilan yang terkandung dalam teks hadis. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum dan budaya pendidikan yang menghormati hak dan martabat perempuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...