KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 13, No 2 (2025): Kolokium: Publishing October 2025

Implementation of the Merdeka Curriculum from a Critical Pedagogical Perspective: A Literature Review

Yadi, Nofri (Unknown)
Herlambang, Yusuf Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi kebijakan pendidikan yang dirancang untuk memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual, inklusif, dan berorientasi pada penguatan karakter siswa melalui Profil Pelajar Pancasila. Namun, dalam implementasinya, kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan yang menghambat pencapaian tujuan idealnya. Artikel ini bertujuan untuk meninjau secara kritis implementasi Kurikulum Merdeka melalui pendekatan pedagogik kritis, khususnya gagasan Paulo Freire, serta menelaah relevansinya terhadap pembelajaran bermakna (deep learning). Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap sepuluh artikel ilmiah nasional dan internasional yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar dalam mewujudkan pendidikan transformatif yang dialogis dan kontekstual. Namun demikian, kendala berupa beban administratif guru yang tinggi, keterbatasan sarana prasarana di sekolah, dan minimnya pelatihan pedagogik reflektif menjadi hambatan signifikan dalam pelaksanaannya. Artikel ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka memerlukan dukungan struktural yang memadai, penguatan kapasitas pendidik dalam pendekatan humanis, serta evaluasi kebijakan yang berorientasi pada keadilan dan emansipasi pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kolokium-pls

Publisher

Subject

Education

Description

KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah was first published in April 2013 in printed and online form published since 30 April 2018 by Department of Non Formal Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Padang. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah equipped with ISSN (p): 2354-693X and ...