Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 4 No. 2 (2025): Bulan November

Pendampingan Tim Humas BPS Kabupaten Probolinggo Dalam Penguatan Kompetensi Konten Digital Menuju Sensus Ekonomi 2026

Indriani, Novia (Unknown)
Siddiqi, Moh Fakhri (Unknown)
Khotija, Khotija (Unknown)
Fitriah, Yuni Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Sensus Ekonomi (SE) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) setiap sepuluh tahun sekali merupakan kegiatan strategis dalam menyediakan informasi menyeluruh mengenai kondisi dan struktur perekonomian nasional. Menyongsong SE 2026, diperlukan sosialisasi yang masif dan efektif kepada masyarakat, khususnya melalui pemanfaatan media digital oleh Tim Humas BPS Kabupaten Probolinggo. Namun, keterbatasan kompetensi teknis dalam produksi konten digital masih menjadi kendala. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan mendampingi tim Humas BPS Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan keterampilan pembuatan dan pengelolaan konten digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan berbasis Asset Based Community Development (ABCD) melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan teknis, mulai dari perancangan, pengambilan video, hingga pengeditan konten digital dengan memanfaatkan aplikasi CapCut dan optimalisasi media sosial Instagram. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas tim Humas dalam menghasilkan konten yang kreatif, komunikatif, dan relevan sehingga mendukung keberhasilan sosialisasi Sensus Ekonomi 2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...