Purpose – Penelitian ini bertujuan menganalisis inovasi pembelajaran PPKn berbasis teknologi dalam Kurikulum Merdeka sebagai solusi dalam menghadapi tantangan Abad 21. Fokus penelitian ini diarahkan pada identifikasi strategi pembelajaran digital yang mendukung penguatan keterampilan Abad 21 khususnya yaitu 4C (critical thinking, creativity, collaboration, and communication).Design/methods/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui proses wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta observasi terhadap proses pembelajaran PPKn yang dilaksanakan. Seluruh data yang tekumpul di analisis menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Findings – Hasil penelitian menunjukkan inovasi strategi pembelajaran berbasis teknologi menjadi solusi yang tepat dalam penguatan abad 21 yaitu keterampilan 4C siswa. Penggunaan media digital interaktif, video pembelajaran, dan pendekatan project-based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, serta kerja sama antar siswa. Meskipun demikian, keterbatasan perangkat teknologi di sekolah dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan aplikasi digital masih menjadi kendala bagi sekolah.Research implications/limitations – Penelitian ini terbatas pada satu sekolah sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasi untuk konteks yang lebih luas. Selain itu, keberhasilan inovasi pembelajaran berbasis teknologi sangat dipengaruhi oleh kesiapan infrastruktur dan literasi digital guru dan siswa, sehingga diperlukan penguatan kapasitas dan dukungan sarana untuk optimalisasi penerapannya.Originality/value – Temuan penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran PPKn berbasis teknologi yang mendukung keterampilan 4C sesuai tuntutan abad 21 dan kurikulum merdeka.
Copyrights © 2025