Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 10, No 2 (2025): Oktober

Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini

Sholihah, Nurul Hidayatus (Unknown)
Usriyah, Lailatul (Unknown)
Mu’allimin, Mu’allimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Pada usia dini, pendidikan karakter adalah hasil pengembangan kepribadian anak. Di tahap ini, anak-anak mulai membentuk nilai-nilai dan sikap yang akan mempengaruhi perilaku mereka di masa depan. Guru berperan sebagai pendidik dan teladan yang tidak hanya bertugas mengajar akademis, tetapi juga membimbing siswa dalam pengembangan karakter positif. Artikel ini membahas berbagai cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan mengambil contoh berita terkini mengenai inisiatif pendidikan karakter yang diimplementasikan di sekolah-sekolah, artikel ini juga menganalisis tantangan yang dihadapi guru dan solusi yang dapat diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library   research) dengan   pendekatan kualitatif. Melalui pembahasan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru dalam membentuk generasi yang berkarakter baik. Kata Kunci:Pendidikan karakter Anak usia dini, Peran guru, Metode pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...