Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Swasta Imelda Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis Multimodal terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas XI SMA Swasta Imelda Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain . Populasi penelitian ini siswa kelas XI berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Teknik Random sampling dengan menentukan satu kelas, satu kelas siswanya dipilih sebanyak 30 siswa secara acak dari dua kelas di kelas XI . Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada pretest dan posttest maka nilai rata-rata yang diperoleh pada saat pretest sebelum menggunakan pembelajaran berbasis multimodal (57,33) dengan standar deviasi (11,03) dan nilai rata-rata pada saat posttest dengan menggunakan pembelajaran berbasis multimodal ( 89.00) dengan standar deviasi (8,86) . Hasil uji data pretest dan posttest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji âtâ pada taraf signifikan a= 0,05 diproleh Thitung > Ttabel ( 0.0911 > 0.161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis multimodal berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis naskah drama.
Copyrights © 2025