Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Analisis Work Family Conflict (Studi pada Perawat Wanita yang Telah Menikah di BLUD Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka)

Musfira, Musfira (Unknown)
Wonua, Almansyah Rundu (Unknown)
Ismanto, Ismanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk, faktor penyebab, dampak, serta strategi penanganan Work Family Conflict (WFC) pada perawat wanita yang telah menikah di BLUD Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka. Perawat wanita memiliki peran ganda, yakni sebagai tenaga kesehatan profesional dan sebagai istri serta ibu dalam keluarga, yang sering menimbulkan ketegangan antara tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab rumah tangga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap beberapa informan yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Work Family Conflict yang dialami perawat wanita mencakup Time Based Conflict dan Straind Based Conflict. Faktor-faktor yang memengaruhi WFC meliputi faktor pekerrjaan yaitu beban kerja dan jam kerja, faktor dukungan keluarga dan faktor harapan sosial budaya. Dampak yang dirasakan antara lain menurunnya kesejahteraan psikologis yaitu munculnya stres dan kelelahan emosional, dampak terhadap keluarga yaitu kurangnya waktu untuk berinterkasi dengan keluarga. Adapun strategi yang digunakan untuk mengatasi konflik meliputi komunikasi terbuka dengan pasangan, pembagian tugas rumah tangga, manajemen waktu yang baik, serta dukungan sosial dari rekan kerja dan atasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...