Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Bonus Demografi Dalam Bayang-Bayang Pernikahan Anak: Penguatan Literasi Siswa Sma Al Islam 1 Surakarta Melalui Program Edukasi

Kartikasari, Dian (Unknown)
Faridah, Umi (Unknown)
Siska, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh edukasi nutrisi seimbang terhadap status nutrisi balita di wilayah kerja Puskesmas Undaan, Kabupaten Kudus. Tujuan utama adalah meningkatkan status nutrisi balita melalui peningkatan pengetahuan orang tua tentang pola makan bergizi. Target spesifik meliputi pengukuran perubahan status nutrisi sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok kontrol dan intervensi, serta analisis dampak edukasi terhadap tingkat pemahaman ibu. Serta metode yang digunakan merupakan penelitian kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest menggunakan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 32 ibu balita yang dipilih secara purposive sampling. Intervensi melibatkan edukasi dengan metode ceramah dan media e-booklet selama 60 menit, difokuskan pada pentingnya pola makan gizi seimbang. Data primer berupa indeks antropometri balita dan data sekunder diperoleh dari Puskesmas Undaan. Data akan dianalisis menggunakan software Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) untuk menguji perbedaan dan pengaruh edukasi terhadap status nutrisi balita. Hasil yang diharapkan meliputi peningkatan pengetahuan ibu tentang gizi seimbang, perubahan signifikan pada status nutrisi balita, serta publikasi ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan angka Stunting dan wasting di wilayah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...