Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Analisis Konseptual Kompetensi Mengajar Dosen Terhadap Pemahaman Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2023 Pada Mata Kuliah Metode Penelitian Kuantitatif

Lestari, Sri Ayu (Unknown)
Sari, Minarti Clodya (Unknown)
Palupi, Murraya Putri (Unknown)
Selvia, Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini diperuntukkan untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara angkatan 2023 terhadap mata kuliah Metode Kuantitatif serta mengkaji sejauh mana kompetensi dosen berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Kompetensi yang dimiliki dosen empat elemen penting, yaitu aspek pedagogik, kepribadian, profesionalisme, dan sosial. Pendekatan ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya tersendiri melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Palangka Raya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup mendalam mengenai konsep dasar penelitian kuantitatif, namun masih menghadapi tantangan dalam penerapan secara langsung di lapangan. Hasil ini menunjukkan bahwa dosen dinilai memiliki penguasaan materi yang baik dan mampu menjelaskan secara sistematis dan terstruktur, meskipun metode pengajaran masih cenderung konvensional dan kurang interaktif. Dari aspek kepribadian dan sosial, dosen dianggap sabar, komunikatif, serta terbuka terhadap kritik, sehingga menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun, demikian peningkatan diperlukan pada aspek variasi metode pembelajaran serta integrasi teknologi dalam pengajaran. Secara keseluruhan, kompetensi dosen berperan signifikan dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif. Penelitian ini merekomendasikan agar dosen terus mengembangkan profesionalismenya melalui inovasi pembelajaran berbasis pengalaman dan teknologi digital guna menciptakan proses belajar yang menarik dan efektif serta memberikan motivasi mendalam untuk meningkatkan pemahaman terhadap mata kuliah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...