Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Perbedaan Gender: Sejauh Mana Mempengaruhi Numerasi Matematika Mahasiswa PGSD?

Hasan, Febiyanti R. (Unknown)
Hikmahturrahman, Hikmahturrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana perbedaan gender mempengaruhi numerasi matematika mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa dengan kemampuan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah 2 butir soal Asesemen Kompetensi Minimum dan pedoman wawancara. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni metode tes, wawancara, dan domunentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perbedaan gender dalam konteks ini tidak mennujukkan perbedaan signifikan dalam kemampuan berhitung, tetapi terlihat pada pendekatan berpikir dan kedalaman pemahaman konsep matematis. Subjek Laki-Laki cenderung berpikir analitik, logis, dan reflektif, menunjukkan keunggulan dalam pemahaman konsep dan strategi pemecahan masalah. Subjek Perempuan berpikir tekstual, prosedural, dan sistematis, menunjukkan keunggulan dalam ketelitian dan keteraturan langkah, tetapi masih kurang dalam pemahaman makna konseptual dan evaluasi hasil. Dengan demikian, perbedaan gender berpengaruh pada gaya kognitif dan strategi numerasi matematika, bukan pada kemampuan berhitung dasar. Subjek Laki-Laki lebih menonjol pada penalaran konseptual, sedangkan Subjek Perempuan lebih kuat pada ketelitian prosedural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...