Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Pemberian Effleurage Massage Terhadap Kualitas Ibu Postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Basung

Anjelina, Endang (Unknown)
Megasari, Kiki (Unknown)
Irianti, Berliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Postpartum adalah masa di mulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat kandungan kembali semula seperti sebelum hamil, yang berlangsung selama 6 minggu atau 42 hari. Gangguan tidur ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental ibu, serta berpotensi terjadinya postpartum blues. Salah satu pendekatan non-farmakologis yang dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil adalah Efflurage Massage Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Efflurage Massage terhadap kualitas tidur ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Basung Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain quasi- experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 18 Responden ibu Postpartum, Kualitas tidur diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) sebelum dan sesudah pemberian Efflurage Massage. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok sebelum dan sesudah diberikan intervensi. P-value yang diperoleh sebesar 0,001 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa Efflurage Massage berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas tidur ibu Postpartum. Efflurage Massage terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas tidur ibu Postpartum di Puskesmas Muara Basung. Oleh karena itu, Efflurage Massage dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi non- farmakologis yang aman dan efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu Postpartum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...