Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Narasi Digital Dalam Lanskap Kuliner: Eksplorasi Intensi Dan Perilaku Adopsi Tiktok Pada Pelaku Usaha Kuliner Kota Medan

Zuhri, Mohd Haritza (Unknown)
Bulan, Tapi Rondang Ni (Unknown)
Muhar, Ani Murwani (Unknown)
Yuliani, Maulidina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku usaha kuliner untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran. TikTok menjadi salah satu platform populer dengan potensi besar, namun penggunaannya oleh café dan restoran di Kota Medan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepercayaan, dan pengaruh sosial terhadap niat perilaku, serta pengaruh niat perilaku terhadap perilaku aktual penggunaan TikTok.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 120 pelaku usaha kuliner yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS V 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat perilaku, sedangkan persepsi kemudahan berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Kepercayaan dan pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku. Selain itu, niat perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku aktual penggunaan TikTok.Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan dan pengaruh sosial menjadi faktor utama dalam mendorong adopsi TikTok oleh pelaku usaha kuliner di Kota Medan, sementara faktor teknis seperti kegunaan dan kemudahan relatif kurang berpengaruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...