AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 5 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN SUKAKARYA 2 KOTA SUKABUMI

Afifah, SIti Nur (Unknown)
Deddy Soe’aeddy, Mochammad (Unknown)
Laeli, Sobrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Kemampuan berbahasa Indonesia merupakan keterampilan dasar yang sangat penting di tingkat sekolah dasar. Namun, berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN Sukakarya 2 Kota Sukabumi, ditemukan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Salah satu penyebab utama adalah kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Canva dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa, khususnya dalam aspek membaca, menulis, dan respon belajar siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara guru dan siswa, serta analisis aktivitas pembelajaran berbasis Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva berdampak positif dalam meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis. Materi yang disajikan secara visual melalui Canva mampu mempermudah pemahaman isi bacaan, meningkatkan daya tarik dalam membaca, serta memotivasi siswa untuk menulis secara kreatif dan terstruktur. Canva juga mendorong kolaborasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa tantangan teknis seperti keterbatasan perangkat, hal tersebut dapat diatasi melalui strategi penggunaan bergilir dan pelatihan sederhana. Secara keseluruhan, Canva terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...