MUTAADDIB: Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): October 2025

Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Padamata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Merangin

Nurlaila (Unknown)
Andryadi (Unknown)
Adilla, Ulfa (Unknown)
Nelis, Selvia (Unknown)
Zuhara, Nidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Merangin, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai perencana, pelaksana, dan evaluator dalam pengembangan bahan ajar, melalui penyusunan modul ajar, penyesuaian materi sesuai kebutuhan siswa, dan penerapan metode pembelajaran bervariasi. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman terhadap Kurikulum Merdeka, kurangnya pelatihan, serta minimnya inovasi dalam penyajian materi. Upaya yangdilakukan antara lain belajar mandiri, mengikuti pelatihan, dan memanfaatkan teknologi sesuai kebijakan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Mutaaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUTAADDIB Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. its dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in this ...