Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry berbantuan e-scaffolding berkonteks multi representasi terhadap HOTS ditinjau dari kemampuan awal siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Malang kelas XI IPA yang berjumlah 102 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian faktorial 3 x 2. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes HOTS berjumlah 13 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan two way ANCOVA. Hasil penelitian adalah 1) Kemampuan HOTS siswa yang dibelajarkan menggunakan model ADI-S berkonteks multi representasi lebih tinggi dibanding siswa dibelajarkan menggunakan model ADI berkonteks multi representasi, dan ADI; 2) Terdapat perbedaan hasil HOTS antara siswa dengan kemampuan awal berbeda yang dibelajarkan menggunakan model ADI-S berkonteks multi representasi, ADI berkonteks multi representasi, dan ADI; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan HOTS siswa.
Copyrights © 2025