Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 17, No 3 (2025): Oktober 2025 (In Press)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADI BERBANTUAN E-SCAFFOLDING BERKONTEKS MULTI REPRESENTASI TERHADAP HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL BERBEDA

Ms, Allien Kallala (Unknown)
Dasna, I Wayan (Unknown)
Sulistina, Oktavia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran argument-driven inquiry berbantuan e-scaffolding berkonteks multi representasi terhadap HOTS ditinjau dari kemampuan awal siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Malang kelas XI IPA yang berjumlah 102 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian faktorial 3 x 2. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes HOTS berjumlah 13 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan two way ANCOVA. Hasil penelitian adalah 1) Kemampuan HOTS siswa yang dibelajarkan menggunakan model ADI-S berkonteks multi representasi lebih tinggi dibanding siswa dibelajarkan menggunakan model ADI berkonteks multi representasi, dan ADI; 2) Terdapat perbedaan hasil HOTS antara siswa dengan kemampuan awal berbeda yang dibelajarkan menggunakan model ADI-S berkonteks multi representasi, ADI berkonteks multi representasi, dan ADI; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan HOTS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...