Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, khususnya pada materi permainan sepak bola, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya variasi dalam penyampaian materi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan teknik Ice Breaking sebagai strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pendekatan eksperimen sederhana (one group pretest-posttest design) terhadap siswa kelas V MIS Al Husna Serdang Bedagai, yang meliputi tahap observasi awal, pemberian perlakuan berupa penerapan Ice Breaking, dan evaluasi hasil belajar melalui tes tulis dan praktik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penerapan Ice Breaking. Nilai rata-rata tes tulis meningkat dari 32,80 menjadi 85,80, dan nilai praktik meningkat dari 43,68 menjadi 91,08. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang membuktikan bahwa penerapan Ice Breaking berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, metode ini efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan motivasi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Copyrights © 2025