Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2025): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pengaruh Penerapan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Materi Permainan Sepak Bola Siswa Kelas V MIS Al Husna Serdang Bedagai

Nasution, Khairul Annas (Unknown)
Karo Karo, Alan Alfiansyah Putra (Unknown)
Swandana, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, khususnya pada materi permainan sepak bola, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya variasi dalam penyampaian materi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan teknik Ice Breaking sebagai strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pendekatan eksperimen sederhana (one group pretest-posttest design) terhadap siswa kelas V MIS Al Husna Serdang Bedagai, yang meliputi tahap observasi awal, pemberian perlakuan berupa penerapan Ice Breaking, dan evaluasi hasil belajar melalui tes tulis dan praktik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penerapan Ice Breaking. Nilai rata-rata tes tulis meningkat dari 32,80 menjadi 85,80, dan nilai praktik meningkat dari 43,68 menjadi 91,08. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang membuktikan bahwa penerapan Ice Breaking berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, metode ini efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan motivasi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang menerapkan double blind peer-review yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat mempunyai fokus kepada suatu kegiatan yang bersifat mendidik, membina, memberikan latihan, dan pengajaran kepada ...