Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Datuk Sulaiman Putra Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, tes, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi dari ahli materi sebesar 93%, ahli media 91%, dan ahli bahasa 94%, seluruhnya termasuk kategori “sangat valid”. Praktikalitas media dinilai oleh guru sebesar 96% dan oleh siswa sebesar 87%, keduanya berada dalam kategori “sangat praktis”. Analisis pre-test dan post-test menghasilkan rata-rata N-Gain score dari 30 siswa sebesar 0,97, yang termasuk kategori “keefektifan tinggi” karena berada di atas nilai 0,7. Adapun persentase N-Gain score (%) yang diperoleh adalah 96,90%. Dengan demikian, media video animasi berbasis YouTube pada materi al-‘unwan (alamat) dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2025