Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 3 (2025): September - Desember 2025

Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Computer Anxiety, Literasi Digital, dan Computer Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet Kelas X SMK Negeri 6 Surabaya

Abdulloh, Abdulloh (Unknown)
Arif, Amirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Spreadsheet di SMK Negeri 6 Surabaya, yang disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital dan computer self-efficacy terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif ex-post facto dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 26. Subyek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer, computer anxiety, literasi digital, dan computer self-efficacy secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya. Kemudian hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa 1) Fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 2) Computer Anxiety tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 3) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya, 4) Computer Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet kelas X SMK Negeri 6 Surabaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...