Urgensi penelitian ini untuk menyediakan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam memahami materi keragaman sosial dan budaya, yang selama ini sering dianggap sulit dan kurang menarik jika hanya disampaikan secara konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan menguji efektivitas media pembelajaran animasi berbasis Animaker pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan latar belakang rendahnya keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang masih banyak berlangsung dengan metode tradisional yang berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, sedangkan data dikumpulkan melalui validasi ahli materi, media, dan bahasa, angket respons siswa dan guru, tes hasil belajar, observasi, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Animaker yang dikembangkan dinilai sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar sekaligus keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya pada aspek analisis, evaluasi, dan inferensi, yang diperkuat dengan hasil uji paired sample t-test (t = -16,879; df = 20; p < 0,001) yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, serta uji N-gain dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,83 atau 83,43% yang termasuk kategori tinggi; dengan demikian, media animasi berbasis Animaker dapat menjadi alternatif inovatif untuk mendukung pembelajaran IPS yang lebih interaktif, menarik, dan bermakna.
Copyrights © 2025