Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon, (2) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powerpoint, (3) perbedaan antara pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon dan powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan jumlah 57 orang peserta didik. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh penerapan pendekatan STEM berbantuan media powtoon dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan pendekatan STEM berbasis media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpointlebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan media powtoon.
Copyrights © 2025