Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 3 Bunobogu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan 10 siswa dan 1 guru kelas sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model VCT berdampak positif terhadap peningkatan sikap dan karakter siswa, terutama dalam hal tanggung jawab, kedisiplinan, empati, kerja sama, serta penggunaan bahasa yang santun. Guru menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konsep VCT, yang kemudian diwujudkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang kontekstual dan reflektif. Meski menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan perbedaan karakter siswa, guru mampu menggabungkan VCT dengan metode lain untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model VCT efektif dalam membantu siswa mengklarifikasi dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara mendalam. Rekomendasi diberikan agar model ini diterapkan secara luas dalam pembelajaran nilai dan karakter pada mata pelajaran lainnya di jenjang pendidikan dasar.
Copyrights © 2025