Penelitian pendidikan agama bagi anak difabel di SLB/B GMIM DAMAI TOMOHON bertujuan untuk menjawab dan memberikan solusi dari tiga permasalahan, yakni pertama, tentang realitas kompetensi pendidikan yang mengajari pendidikan agama Kristen, kedua proses pembelajaran pendidikan agama Kristen, dan ketiga, faktor pendukung dan penghambat pendiidikan di SLB/B. studi ini dilakukan di SLB/B GMIM DAMAI TOMOHON dengan menggunakan penelitian kualitatif dan pengamatan model pembelajaran individu sederhana terhadap pengelolaan kelas pada pelajaran pendidikan agama Kristen. Hasil dari studi ini menemukan bahwa tenaga kompetensi pendidik yang berlatar belakang agama tidak memiliki kompetensi PLB-an, karena itu perlu adanya agama. Atau melakukan pelatihan bagi tenaga pendidik yang berlatarbelakang ke PLB-an dengan model-model pembelajaran pendidikan agama. Selain itu proses pembelajaran harus diperhatikan jenis difabel peserta didik untuk mengefektifkan proses pembelajaran pendidikan agama, model klasikal dengan menggabunggkan dalam satu kelas tidak efektif dan efesien model-model pembelajaran yang lebih realistis.
Copyrights © 2025