EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 11, No 2 (2025): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Beasiswa KIPK Sebagai Penopang Pendidikan: Narasi Mahasiswa Rantau di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nurjanah, Arum (Unknown)
Ramadani, Reza (Unknown)
Nur Hidayati, Nabila (Unknown)
Nurfadhillah, Nanda (Unknown)
Saefudin, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) dalam menopang keberlangsungan pendidikan mahasiswa rantau di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dengan menggunakan perspektif teori Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif pada pengalaman pribadi mahasiswa rantau penerima KIPK. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beasiswa KIPK berperan penting tidak hanya sebagai bantuan finansial, tetapi juga sebagai sarana pembentukan modal sosial, budaya, dan simbolik yang memperkuat eksistensi mahasiswa dalam dunia akademik. KIPK memberikan rasa aman psikologis, meningkatkan motivasi belajar, serta menumbuhkan tanggung jawab moral bagi penerimanya. Meskipun demikian, bantuan ini belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan hidup di wilayah perkotaan, sehingga mahasiswa perlu mengelola keuangan dengan ketat. Secara keseluruhan, KIPK lebih dari sekadar bantuan ekonomi, melainkan juga instrumen sosial yang memperkuat motivasi, ketahanan, dan transformasi diri mahasiswa rantau menuju kemandirian dan prestasi akademik yang lebih baik.

Copyrights © 2025