Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2025)

Optimisme dan Positive Thinking Siswa Broken Home terhadap Resiliensi Akademik: Studi Kuantitatif pada Siswa SMP Negeri 32 Semarang

Marta Sari, Frida (Unknown)
Chr. Argo Widiharto (Unknown)
Ismanto, Heri Saptadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dan positivethinking dengan resiliensi akademik pada siswa SMP Negeri 32 Semarang tahun 2025yang berasal dari keluarga broken home. Variabel bebas adalah optimisme (X1) danpositive thinking (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah resiliensi akademik (Y).Populasi penelitian sebanyak 53 siswa kelas VII, VIII, dan IX yang berasal dari keluargabroken home menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angketskala Likert (60 item: 18 item optimisme, 24 item positive thinking, 18 item resiliensiakademik), lalu dianalisis dengan regresi linear berganda dan uji parsial (t-test). Hasilmenunjukkan bahwa positive thinking memiliki pengaruh signifikan terhadap resiliensiakademik (t = 4,060; p < 0,05), sedangkan optimisme tidak signifikan (t = 1,563; p >0,05). Dengan demikian, positive thinking menjadi variabel dominan dalammembentuk resiliensi akademik siswa broken home. Hasil penelitian ini diharapkandapat menjadi acuan bagi sekolah dan guru BK dalam merancang program penguatanpsikologis yang menekankan pada pengembangan berpikir positif, pengelolaanemosi, dan keterampilan coping adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...