Studi ini didasarkan oleh kurangnya hasil belajar IPA kelas VI UPT SD Negeri Sumurgung 1. Jenis studi yang dilaksanakan oleh peneliti ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari studi ini adalah guna memperbaiki hasil belajar siswa kelas VI di bidang studi IPA khususnya pada materi pernafasan dengan model pembelajaran Problem Basec Learning. Subjek dari studi ini ialah murid kelas VI tahun pelajaran 2024/2025, yang sebanyak 12 murid. Metode pengumpulan data dilaksanakan berbentuk tes. Prosedur penelitian ada beberapa tahap:1. perencanaan tindakan, 2. pelaksanaan tindakan, 3. observasi dan interpretasi, dan 4. analisis dan refleksi yang dilakukan pada dua siklus. Mengacu temuan penelitian, dinyatakan bahwa model Problem Based Learning bisa memperbaiki hasil belajar murid. Hal ini bisa diketahui pada siklus I nilai rerata kelas senilai 72,50 dengan ketuntasan sebanyak 7 siswa disertai persentase ketuntasan klasikal (58,33%) serta di siklus II ada kenaikan angka rerata kelas senilai 84,16 dengan ketuntasan sebanyak 10 siswa dengan persentase 83,33%. Dengan demikian bisa dinyatakan pengaplikasian model Problem Based Learning bisa memperbaiki hasil belajar murid di bidang studi IPA materi pernafasan.
Copyrights © 2025