Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal
Vol. 5 No. 1 (2025): Oktober 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

FADILAH (Unknown)
Safitri, Nur Lina (Unknown)
Nugroho, Endik Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta menjadi landasan utama bagi siswa dalam menghadapi perkembangan dunia yang penuh dengan keberagaman informasi dan tantangan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu dengan pertimbangan berdasarkan nilai rata-rata kelas siswa yang sama atau mendekati. Siswa kelas X-3 digunakan sebagai kelas eksperimen dan X-5 digunakan sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan Independent sample t-test setelah melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji Independent sample t-test kemampuan berpikir kritis siswa menyatakan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut mengarah pada kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis mind mapping mimiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Gondangwetan. Model ini juga mendorong siswa untuk aktif mengonstruksi pengetahuan melalui visualisasi konsep dan pemecahan masalah autentik, sehingga dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran untuk mengembangkan keterampilan abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alkawnu

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Other

Description

Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal is Open Access and Peer Reviewed journal that published by Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia Department, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. This journal include research articles about science learning consists development and ...