Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan jumlah siswa dan tingkat kepuasan yang belum optimal (rata-rata 58,15%) di SMA Bayt Al-Hikmah, meskipun berbagai fasilitas dan layanan telah disediakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan siswa, dengan brand image yang direpresentasikan oleh filosofi “Tempat Tumbuh Secara Utuh” sebagai variabel mediasi. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa SMA Bayt Al-Hikmah sebagai populasi. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified random sampling, dengan total 180 responden yang terdiri dari 55 siswa kelas X, 60 siswa kelas XI, dan 65 siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui tautan google form yang dibagikan melalui akun media sosial. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS), dengan bantuan perangkat lunak SMARTPLS versi 4.0. Hasil menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, baik secara langsung (koefisien 0,175) maupun tidak langsung. Brand image dengan filosofi “Tempat Tumbuh Secara Utuh” terbukti secara signifikan memediasi hubungan ini, dengan koefisien pengaruh tidak langsung sebesar 0,615. Ini mengindikasikan bahwa persepsi positif terhadap identitas sekolah yang selaras dengan filosofi tersebut memperkuat dampak kualitas layanan terhadap kepuasan siswa Keunikan penelitian ini terletak pada pendekatannya yang menjadikan filosofi “Tempat Tumbuh Secara Utuh” sebagai representasi brand image dalam model hubungan antara kualitas layanan terhadap kepuasan siswa.
Copyrights © 2025