Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 2 No. 4 (2026)

PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Marzuki (Unknown)
Febiantoni, Fungki (Unknown)
Aziz, Sulthon Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman, kesadaran, dan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah. Program pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2025 di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan peserta guru-guru PAI dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DIY. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan partisipatif, melalui strategi interaktif berupa diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi pembelajaran. Pendekatan ini dirancang untuk mendorong partisipasi aktif peserta serta memperkuat kemampuan aplikatif mereka dalam merancang pembelajaran berbasis nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terkait konsep moderasi beragama serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Para peserta mampu mengintegrasikan nilai toleransi, keadilan, dan kebersamaan dalam rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan lingkungan sekolah. Selain itu, pelatihan ini memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam membangun budaya pendidikan yang inklusif, damai, dan berkeadaban. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi terhadap penguatan profesionalisme guru, peningkatan mutu pembelajaran PAI, serta pengembangan karakter peserta didik yang moderat dan toleran. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan guna memperkuat ekosistem pendidikan yang harmonis dan berorientasi pada nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...