Anak-anak merupakan kelompok usia yang paling rentan terhadap polarisasi nilai, terutama dalam lingkungan sosial yang mulai terfragmentasi. Di sisi lain, institusi sekolah dasar memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan, toleransi, dan moderasi beragama sejak dini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan nilai karakter dan moderasi anak melalui rangkaian kegiatan edukatif yang dikemas dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun 2025. Kegiatan dilaksanakan oleh Tim KKN Moderasi Beragama UIN Walisongo Semarang di SDN 1 Sidomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, dengan sasaran seluruh siswa kelas 1 hingga 6 dan guru pendamping. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif yang terdiri dari: upacara pembukaan, senam bersama, lomba permainan tradisional, jalan sehat keliling desa, kegiatan pembelajaran tematik, dan sholat Dzuhur berjamaah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif meningkatkan partisipasi aktif siswa, membangun kedisiplinan, memperkuat nilai toleransi antar-teman, serta membentuk lingkungan belajar yang positif dan inklusif. Kegiatan ini membuktikan bahwa nilai moderasi dan karakter dapat diinternalisasikan melalui media kegiatan sosial-edukatif yang menyenangkan dan partisipatif.
Copyrights © 2026