Pendidikan mitigasi bencana untuk membangun kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap risiko dan bahaya bencana gempa bumi harus dimulai sejak dini dan diterapkan secara berkelanjutan. Pendidikan mitigasi bencana yang paling efektif dan efisien dilakukan melalui pembelajaran di sekolah. Ketersediaan media pembelajaran berperan sebagai alat bantu dan media pendidikan yang mempermudah peserta didik dalam menyerap dan memahami materi. Salah satu media pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi yang adalah Ular Tangga Guncang Bumi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan kesadaran serta kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana alam gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Model pengembangan yang digunakan mengadopsi desain penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan subjek uji coba sebanyak 20 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian terdiri dari analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran Ular Tangga Guncang Bumi mendapatkan rerata skor 3,5 yang tergolong dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025