cover
Contact Name
Enung Hasanah
Contact Email
enung.hasanah@mp.uad.ac.id
Phone
+6281322066136
Journal Mail Official
jimp@mp.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Parakan Mas VI no. 41
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
ISSN : 28073592     EISSN : 28073231     DOI : -
Jurnal yang berfokus pada penerbitan artikel penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran (mixed methods) dalam lingkup Manajemen Pendidikan termasuk Kepemimpinan, Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kurikulum, Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan, Hubungan Masyarakat, Kemahasiswaan, Pembelajaran, Manajemen Pendidikan, Organisasi, Penjaminan mutu, dan Kebijakan Pendidikan.
Articles 57 Documents
Inovasi Pengelolaan Hubungan Masyarakat Untuk Peningkatan Partisipasi Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak Marsudi Marsudi; Sumarsih Sumarsih; Donni Pestalozi
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.572 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4120

Abstract

PPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan Inovasi program hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak,Pelaksanaan koordinasi inovasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak.Teknik-teknik inovasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak.Inovasi evaluasi hubungan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Maur Kecamatan. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan Inovasi Program hubungan masyarakat di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit sangat penting untuk dilakukan karena dalam perencanaan diketahui apa apa yang harus dilakukan kedepannya. Dalam perencanaan humas diadakan rapat dinas di awal tahun ajaran dan melibatkan semua elemen di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Guru, Staf dan Komite SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit dan dilakukan secara terbuka dan tidak tertutup para pihak yang terlibat memberikan saran saran dan masukan tentang perkembangan sekolah.Koordinasi inovasi hubungan masyarakat di SMP Negeri Maur Kecamatan Rupit.
The Development of Active Learning Based Stage Play Learning Media of Indonesia Language Theme 7 for Fourth Grade Primary School Milliati Aulia Sabilla; Suyatno Suyatno
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.8 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4141

Abstract

The success of learning Bahasa needs to be supported by learning media that can condition students to be actively involved in learning. This study aims to develop active learning-based stage play learning media for Indonesian language lesson of Four grade which can be used to support the learning process to assist teachers in delivering the lesson. The research design of this study is research and development included steps of potential and problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, trial use and product revision, these steps of R&D were carried out in fourgrade state primary school 1 of Muntok, Bangka Regency. The data was collected through the observation then conducting the assessment by the expert and the questionnaire of student and teacher assessment. A qualitative and quantitative data were used to analyze the collected data. The research result showed that active learning-based stage play learning media for Bahasa lesson of theme 7 of fourth-grade primary school is feasibly used as learning media. Based on the expert assessment, the overall result of media, material, and learning expert is 75,3 with a feasible category. Assessment of learning practitioners was assisted by teachers of class 4 with 89 of very feasible category, and student assessment obtained 95 with very feasible category.
Teacher’s strategy in Instilling Integrated Religious Character in The Learning of Elementary Schools Eka Susanti; Suyatno Suyatno
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.449 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4142

Abstract

This study describes the teacher’s strategy to instill integrated religious character in Muhammadiyah elementary school Demangan of Yogyakarta. This qualitative study research with a study case. The research data was collected through observation, interviews, and documentation. In this study, The research subject consisted of the principal, fifth-grade teacher, the students, and student guardians. The data validity test used the triangulation technique and sources. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, and conclusion. The research result showed that the teacher’s strategy is to instill integrated religious character in learning by integrating religious character in the entire learning components, religious character internalization, religious character habituation, and religious character role model.
Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu Didit Haryadi
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.704 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4145

Abstract

Program adiwiyata memiliki empat komponen (1) Kebijakan berwawasan lingkungan (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan (3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, (4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan, Keempat Komponen tersebut diharapkan mampu menciptakan karakter siswa peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran terkait dengan pelaksanaan Manajemen Program adiwiyata yang dilihat dari Pelaksanaan keempat komponen dan karakter peduli lingkungan siswa di SMP Pangudiluhur Sedayu.Penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kuantitatif. Tempat penelitian ini di SMP Pangudiluhur Sedayu. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Koordinator Adiwiyata dan guru peserta didik yang dipilih secara acak. Objek penelitian adalah dokumen kurikulum adiwiyata. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi instrument menggunakan validasi menggunakan validasi Isi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan Manajeman Program adiwiyata dilihat dari pemenuhan empat komponen adiwiyata dan karakter siswa peduli lingkungan di SMP Pangudiluhur menunjukan 1) Perencanaan program adiwiyata sudah dilaksanakan dengan sangat baik 2) Kebijakan berwawasan lingkungan 92%; 3) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan 88%; 4) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif 94%; 5) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan 90% 6) karakter siswa peduli lingkungan 74 % dan 7) Evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik. Secara umum Manajemen Program adiwiyata di SMP Pangudiluhur memenuhi jika dilihat dari keterpenuhan empat komponen adiwiyata memiliki kriteria sangat baik, meskipun demikian tidak berarti karakter peduli lingkungan siswa secara otomatis baik.
Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning di Kelas VIII SMP Negeri 9 Medan Agum Budianto; Syawal Gultom
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (892.958 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4172

Abstract

Pemecahan masalah siswa khususnya di dalam pelajaran matematika masih di kategorikan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran quantum learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen A yaitu kelas yang di ajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen B yaitu kelas yang diajar dengan model  pembelajaran Quantum Learning. Sampel penelitian dilihat berdasarkan kesamaan kondisi awal berdasarkan nilai rapor siswa. Kemudian prosedur yang pertama  adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata observasi siswa dalam materi kubus dan balok adalah sebesar 34,75. Setelah dilakukan posttest pada kedua kelas, dan diperoleh hasil berupa rata-rata nilai kelas eksperimen A sebesar 65,184 dan rata-rata nilai kelas eksperimen B sebesar 58,333. Artinya, kedua kelas sampel penelitian mengalami kondisi yang berbeda terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika setelah mendapat perlakuan. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang di ajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning pada materi Kubus Dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019.
Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19 Refien K S Rawung
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.961 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4200

Abstract

Pendidikan saat ini menghadapi dampak yang besar sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat juga terhadap kehidupan manusia pada umumnya. Digitalisasi yang ditandai dengan semakin kompleksnya teknologi yang diciptakan  memberi banyak kemudahan. Media pembelajaran pun semakin berkembang seiring dengan lajunya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran daring di masa pandemic dan pasca pandemic. Studi kepustakaan di gunakan dalam penelitian ini, sumber diambil dari buku, artikel dan internet untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajara daring sudah merupakan keniscayaan untuk secara berkesinambungan dilakukan oleh guru dan dosen, untuk mengadaptasi pembelajaran konvensional ke pola pembelajaran modern yang berbasis teknologi. Berbagai platform pembelajaran daring dapat dimaksimalkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran daring yang bahkan dapat di gunakan secara bersama-sama agar dapat memecahkan kebosanan yang sering muncul pada pembelajaran daring akibat pola yang sama terusa menerus digunakan. Guru ataupun dosen melakukan pengembangan penggunaan media pembelajaran yang awalnya hanya menggunakan satu platform berkembang menjadi dua ataupun lebih untuuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. LMS dengan platform pembelajaran yang lebih bervariasi menjadi alternatif terbaik untuk memberikan suasana pembelajaran yang tidak monoton bagi peserta didik.
Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Ilham Ramadhan Oktavian; Enung Hasanah
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.633 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i1.4212

Abstract

Manajemen pendidikan karakter sebagai penanaman nilai-nilai karakter, nilai akhlak, moral dan perilaku yang baik terhadap peserta didik. Penelitian ini berupaya mengeskplorasi peran manajemen pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didik di lembaga pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menghasilkan esensi peran manajemen pendidikan dalam mengembangkan karakter siswa di lembaga pendidikan formal. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari berbagai proses penanaman karakter melalui perilaku di dalam diri siswa, manajemen pendidikan mampu menciptakan kondisi yang kontributif terhadap pengembangan karakter peserta didik. Sehingga perserta didik dapat mempersiapkan dirinya melalui penguasaan kompetensi yang diinetrnalisasi menajdi karakter dalam diri mereka.Management of character education as planting character values, moral values, morals and good behavior towards students. In developing the character of students, there are many materials for consideration to develop student character through learning that is instilled in students. As a form of effort to cultivate personality, morals, and knowledge, it takes a role in the management of character education. This study examines the results of observations from various data sources that have been collected. From the various developments of inculcating behavior in students, it is able to create conditions that contribute to the management of student character development. So that students can prepare themselves through mastery of competence and character education management.
Pembelajaran IPA Dimasa Pandemi Covid-19 Untuk Tingkat SD/MI Mohammad Imam Sufiyanto; Roychan Yasin; Roviandri Roviandri
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.361 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i2.4616

Abstract

Virus merupakan sesuatu yang tidak terlihat yang menjadi musuh bagi manusia, akhir-akhir ini kita dihadapi dengan sebuah virus yang amat membahayakan bagi manusia di berbagai negara yang ada di seluruh dunia.Virus tersebut adalah Virus Corona.Virus Corona atau Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia baik lewat pernafasan, dan juga dapat melalui sentuhan anggota badan yang umumnya adalah tangan. Virus ini bisa menyarang siapa saja tanpa menganal batas usia dan kelamin, baik itu lansia, orang tua, remaja, anak-anak, baik itu laki-laki ataupun perempuan dapat terjangkit virus Corona tersebut.Inveksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan amat begitu cepat kenegara-negara yang berada di seluruh dunia termasuk Negara Indonesia.hal tersebut mengakibatkan lumpuhnya semua aktivitas yang ada diberbagai dunia khususnya di Indonesia, Pandemi COVID-19 ini berakibat pada sistem pembelajaran diseluruh jenjang pendidikan khususnya untuk tingkat SD/MI.
The Use of Authentic Materials in Teaching English at Vocational High School Hikmah Lusian Handayani; Dian Novita Dewi
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.99 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v1i2.4617

Abstract

The selection of appropriate teaching materials can be very important to make the student easier in learning English, especially in vocational high school. Teaching English at vocational school is also related to contextual teaching which must be related to the use of materials that are closer to the real world where the learners interact. Therefore, authentic materials become one of the materials that can be used in the teaching-learning process because it is made contextually or is related to real-life material. Additionally, the integration of local content-based materials also provides many benefits for the students in learning English. The goal of this study is to find out teachers’ perceptions on the implementation of authentic materials in English classrooms in vocational high schools. The participants were five English teachers from five vocational high schools located in Pacet, Mojokerto, East Java, Indonesia. The data of this research were gathered using a semi-structured interview. The data analysis technique included data reduction, data display, and drawing conclusions. The result reports that all teachers in vocational high schools in Pacet have positive perceptions of the use of authentic materials in teaching English. It also can be concluded that all the teachers are implemented authentic materials as well as integrate local content in their teaching.
Instrumen Penelitian Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Yunita Kusumawati
JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.76 KB) | DOI: 10.12928/jimp.v2i1.4620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang instrumen penelitian dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah beberapa siswa di Banten, Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Numbered Head Together dan  kemampuan komunikasi matematika siswa. Data dianalisis dengan teknik korelasi regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematika.