Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 4 (2025): November

Pengaruh media Pembelajaran Uno Stacko Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SD Inpres Anagowa

Fj, Nurhadijah (Unknown)
Amaliyah, Nurhadifah (Unknown)
Jusmawati, Jusmawati (Unknown)
Fatimah, Waddi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang penting dimiliki siswa sekolah dasar. Upaya meningkatkan kemampuan ini dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Uno Stacko terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III SD Inpres Anagowa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas III A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal tes numerasi berbentuk esai, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata skor 3,6, dan aktivitas siswa pada kategori baik dengan rata-rata 3,4. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 62,58 (kategori cukup) dan meningkat pada posttest menjadi 90,48 (kategori sangat baik). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Uno Stacko terhadap kemampuan numerasi siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Uno Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SD Inpres Anagowa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...