Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Efektivitas Bimbingan Kelompok Islami dalam Meningkatkan Penerimaan Diri dan Konsep Diri pada Remaja Disabilitas di Yayasan Rumah Disabilitas Borneo Banjarmasin

Tohari, Sabit (Unknown)
Sanjaya, Sanjaya (Unknown)
Nurmiati, Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Remaja dengan disabilitas sering kali menghadapi berbagai tantangan dalam berinteraksi dan beradaptasi di lingkungan sosial. Salah satu tantangan yang signifikan adalah penerimaan diri dan pengembangan konsep diri yang positif, sementara konsep diri berkaitan dengan bagaimana individu memandang dan mengevaluasi diri mereka dalam konteks sosial. Bimbingan kelompok Islami memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, di mana remaja disabilitas dapat saling berbagi pengalaman, belajar dari satu sama lain, dan membangun kepercayaan diri. Penelitian ini mempunyai tujuan: untuk mengetahui apakah efektivitas bimbingan kelompok Islami dapat meningkatkan penerimaan diri dan konsep diri pada remaja disabilitas di Yayasan Rumah Disabilitas Borneo Banjarmasin. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang akan diteliti, yaitu variabel (X) efektivitas bimbingan kelompok islami yang merupakan variabel bebas dan variabel (Y1) penerimaan diri sedangkan (Y2) konsep diri yang merupakan variabel terikat. Penggunaan sampel menggunakan metode sampling non random dengan sampling purposif yaitu dengan berdasarkan pengetahuan sebelumnya tentang populasi dan tujuan khusus penelitian dengan teknik analisis menggunakan T test.  Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa Ho ditolak H1 diterima artinya Bimbingan kelompok Islami efektif meningkatkan dua aspek tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...