Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol. 8 No. 2 (2025): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI FLUIDA UNTUK SISWA SMA

Hanum, Fauzia (Unknown)
Muliono, Tri Puspa Rizky Zuhrira (Unknown)
Safira, Firnanda (Unknown)
Wulandari, Aisyah Tri (Unknown)
Putri, Mentari Darma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan esensial abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran fisika, terutama pada materi fluida yang memiliki keterkaitan erat dengan fenomena kehidupan nyata. Namun, pembelajaran fluida di sekolah masih cenderung bersifat prosedural dan kurang mendorong eksplorasi ide siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kualitas instrumen soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida, mencakup aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D, yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian kebutuhan instrumen), Design (perancangan butir soal sesuai indikator berpikir kreatif), Develop (validasi ahli dan uji coba instrumen), dan Disseminate (penyebaran dan penerapan hasil instrumen). Instrumen yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan diuji pada siswa SMA. Hasil analisis menunjukkan bahwa 75% butir soal valid dan 25% sangat valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Semua butir soal memiliki daya pembeda tinggi, dengan tingkat kesukaran soal terdiri dari 50% mudah, 25% sedang, dan 25% sukar. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen soal yang dikembangkan memenuhi kriteria kualitas yang baik dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk mendukung pembelajaran fisika berbasis proses berpikir kreatif siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...