Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 5 No. 5 (2025): October

Snowball Throwing Berbasis Media Eduplay: Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Pelajaran IPS Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama

Sari, Maya Kartika (Unknown)
Hasirun, La Ode (Unknown)
Budiyono, Budiyono (Unknown)
Agustin, Tina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa SMP Negeri 4 Madiun kelas 8 melalui penerapan metode Snowball Throwing berbasis media Eduplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan yakni 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pada pra siklus mencapai 24,39% siklus I meningkat hingga 54,83% dan siklus II meningkat hingga 82,45%. Berdasarkan analisis data dari observasi pada siswa dan wawancara dengan guru ditemukan peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...