Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa SMP Negeri 4 Madiun kelas 8 melalui penerapan metode Snowball Throwing berbasis media Eduplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan yakni 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pada pra siklus mencapai 24,39% siklus I meningkat hingga 54,83% dan siklus II meningkat hingga 82,45%. Berdasarkan analisis data dari observasi pada siswa dan wawancara dengan guru ditemukan peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2025