Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran berbasis monopoli interaktif untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dalam mempermudah pemahaman materi konsep dan simulasi hitung zakat mal. Model pengembangan yang digunakan dengan mengikuti model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Langkah-langkahnya meliputi pendefinisian, pembuatan desain, pengembangan, dan penyebaran. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi, maka hasil penelitian menunjukkan adanya produk media pembelajaran MOZAIK memiliki nilai sangat layak. Dengan persentase sebesar 83,3% berdasarkan dari hasil uji ahli media, dan 86,6% berdasarkan dari hasil uji ahli materi. Dari penilaian tersebut sehingga dapat dikatakan media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media yang tepat, efektif, dan interaktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Kelebihan dan keunggulan produk media pembelajaran MOZAIK ini terlihat dari desain dan konsep yang menarik sehingga mampu meningkatkan interaktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Kelemahan penelitian ini terletak pada tahapan penyebaran yang belum dilakukan untuk mengukur keberhasilan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025