Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi metode pembelajaran luar ruangan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 23 Palus Hulu dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Studi ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada satu pendidik dan dua belas peserta didik dari kelas IV. Informasi diperoleh melalui observasi,wawancara, dan angket, lalu diolah dengan menerapkan model Miles dan Huberman yang mencakup pengurangan data, penyajian informasi, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar para siswa. Peserta didik menunjukkan tingkat keaktifan, semangat, dan rasa ingin tahu yang lebih besar saat mengikuti pembelajaran di luar ruangan. Aktivitas pendidikan di luar ruangan menghasilkan lingkungan belajar yang menyenangkan, meningkatkan hubungan sosial, serta mendukung siswa dalam memahami materi IPAS dengan cara yang lebih kontekstual dan penuh makna. Oleh karena itu, studi di luar ruangan telah terbukti sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar para siswa di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Outdoor study, motivasi belajar, pembelajaran IPAS, sekolah dasar, pembelajaran kontekstual. Abstract This study aims to describe the implementation of the outdoor learning method on the learning motivation of fourth-grade students at SDN 23 Palus Hulu in the subject of Natural and Social Sciences (IPAS). The study employed a descriptive qualitative approach, focusing on one teacher and twelve fourth-grade students. Data were collected through observation, interviews, and questionnaires, and analyzed using the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show that the implementation of outdoor learning has a positive impact on increasing students’ learning motivation. Students demonstrated higher levels of activeness, enthusiasm, and curiosity during outdoor learning activities. Educational activities conducted outside the classroom created an enjoyable learning environment, improved social relationships, and supported students in understanding IPAS material in a more contextual and meaningful way. Therefore, outdoor study has been proven to be an innovative and effective learning method for enhancing students’ learning motivation at the elementary school level. Keywords: Outdoor study, learning motivation, IPAS learning, elementary school, contextual learning.
Copyrights © 2025