Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 10 No 02 (2025): Volume 10 Nomor 2 2025

Evaluation of Understanding of The Concept of Light and Its Properties In Elementary School Students Through A Simple Experiment

Rizkya, Nindya Destri Nur (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)
Hermita, Neni (Unknown)
Barokah, Rifqa Gusmida Syahrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep cahaya dan sifat-sifatnya melalui pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan pendekatan eksperimen sederhana. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas IV. Pembelajaran dilaksanakan dalam satu pertemuan, tanpa pre-test, dan pemahaman siswa dievaluasi melalui post-test yang dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil menunjukkan bahwa seluruh siswa mencapai nilai di atas KKM, menandakan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Selain itu, observasi terhadap aktivitas kelompok dan presentasi menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis, kerja sama, dan komunikasi. Hasil ini memperkuat bahwa penerapan PBL yang diintegrasikan dengan eksperimen sederhana merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk membangun pemahaman konseptual dalam materi IPA yang bersifat abstrak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...