Kesulitan dalam belajar adalah keadaan yang dapat menimbulkan halangan yang mengganggu proses pendidikan. Kondisi kesulitan ini muncul akibat beberapa faktor tertentu. Cara dan strategi yang diterapkan oleh pengajar selama proses pembelajaran menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan peserta didik dalam akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Arab kelas XI di MA Al-Jamaliyah Raso. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, Tanya jawab, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Arab 2). Strategi yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran bahasa Arab adalah strategi bahasa Arab itu sendiri seperti strategi Mufradhat, tarkib, istima’, kalam, qira’ah, kitabah, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran structural, Role Playing dan Aural-Oral. 3) Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab di MA Al-Jamaliyah Raso adalah adanya mata pelajaran qawaid bahasa Arab sebagai dasar dalam memperajari bahasa Arab. dan faktor penghambatnya merupakan waktu pembelajaran yang singkat, sarana prasaran yang kurang memadai, dan kurangnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab.
Copyrights © 2025