Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): Juli - Desember 2025

STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI DI MA AL-JAMALIYAH

panggabean, sarnida (Unknown)
Lubis, Indri Harmaili (Unknown)
Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Kesulitan dalam belajar adalah keadaan yang dapat menimbulkan halangan yang mengganggu proses pendidikan. Kondisi kesulitan ini muncul akibat beberapa faktor tertentu. Cara dan strategi yang diterapkan oleh pengajar selama proses pembelajaran menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan peserta didik dalam akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan  guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Arab kelas XI di MA Al-Jamaliyah Raso. Penelitian ini menggunakan  studi kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, Tanya jawab, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Arab 2). Strategi yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran bahasa Arab adalah  strategi bahasa Arab itu sendiri seperti strategi Mufradhat, tarkib, istima’, kalam, qira’ah, kitabah, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran structural, Role Playing dan Aural-Oral. 3) Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab di MA Al-Jamaliyah Raso adalah adanya mata pelajaran qawaid bahasa Arab sebagai dasar dalam memperajari bahasa Arab. dan faktor penghambatnya merupakan waktu pembelajaran yang singkat, sarana prasaran yang kurang memadai, dan kurangnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtpai

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam Jurnal ini dikelola oleh STAI Bahriyatul Ulum Pandan dengan mengusung tema dalam bidang pendidikan agama islam didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang pendidikan agama islam. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun ...