Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas V SDN 176 Palembang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 31 siswa, guru kelas, kepala sekolah, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka telah diterapkan dengan cukup baik, ditandai dengan berkembangnya nilai gotong royong, kemampuan bernalar kritis, keimanan, dan akhlak mulia. Mayoritas siswa merasa lebih termotivasi, lebih mandiri, serta menilai pembelajaran lebih menyenangkan dan mendorong kerja sama. Kegiatan berbasis proyek melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga terbukti meningkatkan keterlibatan, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka berpengaruh positif terhadap penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, meskipun masih terdapat kendala teknis yang memerlukan solusi lebih lanjut.
Copyrights © 2025