BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH
Vol 8, No 1 (2025)

Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI TKJ 4 SMK Muhammadiyah

Syahida, Fithrah (Unknown)
Safitri, Ratih (Unknown)
Rahayu, Ika (Unknown)
Kahfi, M (Unknown)
Hesa, Alfi (Unknown)
Anggraeni, Rustini (Unknown)
Shavab, Oka Agus Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Dunia pendidikan tidak pernah lepas dari permasalahan-permasalah terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas, termasuk salah satunya pada mata pelajaran sejarah. Diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penyebab dan dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterkaitan antara minat belajar dan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif dengan model penelitian yang bersifat korelasional. Informasi minat belajar dikumpulkan melalui angket, dan informasi hasil belajar diperoleh dari catatan ujian sejarah semester yang kemudian di uji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar sejarah. Identifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap minat belajar mencakup metode mengajar yang efektif, penerapan materi dalam konteks nyata, dan lingkungan yang mendukung proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat membantu meningkatkan hasil belajar sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bihari

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan non penelitian berupa gagasan konseptual di bidang pendidikan sejarah dan ilmu ...