Dunia pendidikan tidak pernah lepas dari permasalahan-permasalah terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas, termasuk salah satunya pada mata pelajaran sejarah. Diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penyebab dan dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterkaitan antara minat belajar dan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif dengan model penelitian yang bersifat korelasional. Informasi minat belajar dikumpulkan melalui angket, dan informasi hasil belajar diperoleh dari catatan ujian sejarah semester yang kemudian di uji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar sejarah. Identifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap minat belajar mencakup metode mengajar yang efektif, penerapan materi dalam konteks nyata, dan lingkungan yang mendukung proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat membantu meningkatkan hasil belajar sejarah.
Copyrights © 2025