Jurnal Equilibrium
Vol. 4 No. 2 (2024): VOLUME 4 NOMOR 2 TAHUN 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Ende

Brito, Yohanes (Unknown)
Niga, Kamilius Jeven (Unknown)
Mau, Reynalda Syvana (Unknown)
Lembang, Paskualito Yongki (Unknown)
Jou, Yulius Fernando (Unknown)
Jamu, Maria Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital dalam satu dekade terakhir telah mengubah pola hidup masyarakat, termasuk dalam hal mobilitas. Salah satu sektor yang terdampak signifikan adalah transportasi berbasis aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna transportasi online Maxim di Kota Ende.Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model asosiatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 166 responden. Analisis dilakukan dengan regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,607. Ini mengindikasikan bahwa 60,7% variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan yang diterima. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan di tengah persaingan industri transportasi digital..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM adalah wadah informasi bidang ekonomi pembangunan yang berupa hasil-hasil riset, terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan September dengan bidang ilmu: Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Regional, Ekonomi Pariwisata, Ekonomi Publik, Ekonomi Moneter ...