Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 62 KABUPATEN SORONG

Ismi (Unknown)
Anis Alfian Fitriani (Unknown)
Desti Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas v SD Inpres 62 Kabupaten Sorong. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan akademik. Dalam konteks ini, penulis mengidentifikasi berbagai aspek yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa , termasuk harapan dan cita-cita akademik mereka, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, siswa kelas v menjadi subjek penelitian dan data yang diperoleh dianalisis untuk menentukan pola-pola motivasi yang ada, Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki harapan dan cita-cita akademik yang jelas lebih termotivasi untuk belajar, Pesan motivasi dari orang tua juga berperan penting dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar yang tinggi dapat berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...