An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2025): Mei-Agustus

PENDEKATAN KOMPREHENSIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN MODERN

Muhajir Darwis (Unknown)
Anhar (Unknown)
Dian Izati Nabila (Unknown)
Liliyana Yolanda (Unknown)
Dilla Puspita Sari (Unknown)
Ahmad Zikri Ilman (Unknown)
Nabila Zahira Shofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Pendidikan Islam menghadapi tantangan besar di era modern akibat pesatnya perkembangan teknologi, globalisasi, dan perubahan nilai moral. Tantangan ini menuntut reformulasi sistem pendidikan Islam agar tetap relevan dan mampu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga berakhlak mulia dan tangguh secara spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pendekatan komprehensif dalam pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan metode pedagogis kontemporer, serta mengidentifikasi kelemahan pendekatan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan analisis deskriptif-analitis terhadap literatur terkait, termasuk buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komprehensif dalam pendidikan Islam harus mencakup dimensi spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, dengan kurikulum yang terintegrasi dan metode pembelajaran kontekstual seperti project-based learning. Selain itu, kolaborasi antara guru dan orang tua menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk karakter peserta didik. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan integratif tidak hanya menjawab tantangan zaman modern tetapi juga menciptakan sistem pendidikan Islam yang holistik, relevan, dan berdampak nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi konseptual dan praktis bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...